Upaya Bersama Untuk Pencegahan Pandemi COVID-19

April 23, 2020

Apa itu COVID-19?

Pneumonia Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Bagaimana COVID-19 Menular?

Cara penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ialah melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter).

Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya.

Pemerintah Kabupaten Cirebon telah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan hari Jum’at (27/3/2020). Kali ini penyemprotan tersebut dilaksanakan di Jalan Otista mulai Tegalwangi hingga Bundaran Kedawung Kab. Cirebon. Kemudian Jalan Syeh Datulkahfi, kawasan Wisata Batik Trusmi, dilanjutkan ke Jalan Buyut Trusmi dan Jalan Panembahan Ratu. Aksi tersebut masih akan berlanjut esok hari untuk wilayah Bundaran Kedawung hingga Jalan Tuparev Kab. Cirebon. Untuk update terbaru Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui covid19.cirebonkab.go.id .


Operator